Minggu, 18 April 2010

Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan Orang Lain (Gambar Diri Rusak)

Inti dari semua penyebab gambar diri yang rusak ada empat. Keempatnya merupakan kepercayaaan yang salah tentang konsep gambar diri. Dari setiap contoh kasus yang sudah dipaparkan, mengarah pada keempat kepercayaan yang salah tersebut, salah satunya yakni: Menyalahkan orang lain.

Mottonya : “Barangsiapa yang gagal tidak layak dikasihi dan pantas dihukum, termasuk diri saya sendiri”

Orang-orang berikut ini adalah orang-orang yang keras terhadap dirinya sendiri, dia tidak bisa menerima dirinya sendiri saat dia gagal. Dia nggak bisa toleran dengan kegagalan. Hal ini berdampak pula pada hubungannya dengan orang lain. Dia sering menyalahkan orang lain karena kesalahan yang mereka perbuat dan memenuhi hukum pembalasan. Orang harus mendapatkan apa yang pantas mereka dapatkan. Pola pikir seperti ini berlaku pula pada dirinya sendiri ketika dia gagal. Dia cenderung menuduh diri sendiri, dan mencari-cari apa yang bisa disalahkan atas kegagalan yang terjadi. Ketika dia gagal mendapatkan pengakuan atas penampilannya, dia mencari kambing hitam. Tetapi seringkali dia tidak mendapati siapapun yang dapat disalahkan selain dirinya sendiri. Dia mulai menjalankan penghakiman atas dirinya sendiri dan itu merupakan hukuman yang kejam. Akibat dari takut dihukum adalah menghukum diri sendiri dan orang lain dan takut pada semua hal

Karena tidak punya iman untuk melakukan sesuatu dalam hidup, mereka menjadi pasif dan merupakan akar dari salah satu masalah yang paling umum dari masyarakat kita. Kepasifan adalah pengabaian terhadap pikiran, karunia, atau talenta kita dengan tidak mau bertindak. Kepasifan menghasilkan hidup yang membosankan, penghindaran terhadap resiko, dan kehilangan kesempatan. (anakmuda.net)

0 komentar:

Poskan Komentar